Wednesday, September 8, 2010

Metode Pembelajaran


PEMBELAJARAN PENDIDIKAN USIA DINI HUBBULLAH
DENGAN POLA SENTRA
oleh: Nur Ainiyah, S. Ag

Paud "Hubbullah" selalu konsisten dengan program-program dan realisasinya yang terbaik. Pengembangan materi, metode, fasilitas, dan SDM guru selalu menjadi perhatian utama. Paud "Hubbullah" pada usaha mewujudkan visi sekolah yaitu membimbing anak bangsa yang berilmu dan berakhlaqul Karimah. Sejak tahun pelajaran 2005/2006, Paud "Hubbullah", melakukan pembelajaran dan bermain di sentra-sentra untuk mengoptimalkan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Ada sembilan sentra yang dikembangkan yaitu : Sentra Nasima (Agama Islam dan Wawasan Kebangsaan), Sentra Persiapan 1-2-3 (matematika), Sentra Persiapan A-B-C (bahasa), Sentra Seni, Sentra Bahan Alam (sains, masak, sensorimotor) , Sentra Bermain Peran, Sentra Balok (motorik kasar), Sentra Permainan, dan Sentra Bahasa Inggris.

Sentra Permainan
Tujuan: mengembangkan kemampuan motorik kasar (gross motor) anak usia dini.
dilakukan untuk melatih: kelenturan, keseimbangan, kelincahan, koordinasi dan kekuatan anak. Kegiatan ini dilakukan melalui kegiatan:
• melempar, menangkap, memantulkan dan menendang bola atau kantong bijian (koordinasi)
• berjalan maju, mundur, ke samping dan di atas papan titian, berdiri satu kaki serta engklek (keseimbangan)
•  memanjat, berlari, merayap dan merangkak (kekuatan)
•  ritmik (kelincahan)

Sentra Balok
Tujuan : terutama untuk mengembangkan kemampuan visual spasial dan matematika
anak usia dini.
Kegiatan bermain balok yang dilakukan anak dapat mengembangkan:
•  Kognitif : klasifikasi, arah, urutan, perbandingan, simbol, berfikir divergen dan logis
• Matematika : area, ukuran, ruang, bentuk, angka, peta, pola, estimasi, penambahan dan seriasi
• Sains : berat, tinggi, gaya gravitasi, simetri keseimbangan, tekstur, sebab akibat, visual spasial, mesin sederhana
• Keaksaraan : memberi nama, kosa kata, bercerita, struktur kalimat, membuat dan menggunakan tanda, menulis dan membaca buku.
•  Motorik: koordinasi, persepsi visual, orientasi spasial, motorik halus
• Sosial Emosi : percaya diri, keberhasilan, inisiatif, kerjasama, negosiasi, kompromi, respon, kepemimpinan, dan ekspresi emosi
• Kreativitas : pemecahan masalah, menemukan solusi baru, dan eksplorasi sensori

Sentra Bermain Peran
Tujuan : mengembangkan kemampuan berbahasa dan bermain peran atau simbolic play anak usia dini.
Di sentra ini anak melakukan kegiatan bermain peran yang dapat melatih kemampuan:
•    mendengar, berbicara, pra-membaca dan pra-menulis (Bahasa)
• memerankan suatu peran, menggunakan alat tertentu dan menyusun ide cerita (bermain peran).
• Percaya diri, keberanian, spontanitas, kerjasama, kompromi, reaksi emosi yang wajar, tenggang rasa, kepemimpinan dan inisiatif
• Agama Islam : wudhu, sholat, salam, kalimat thoyyibah, mengenal Allah dan kisah Nabi, aklakul karimah

Sentra Seni
Tujuan : mengembangkan kemampuan seni rupa, seni bentuk, seni suara, seni musik, seni gerak dan kreativitas anak usia dini.
Di sentra ini anak melakukan kegiatan bermain yang dapat melatih kreativitasnya dalam:
• Seni rupa dan seni bentuk : menggambar, mewarnai, ekspresi warna, melukis, membentuk, kolase, mozaik
 pra-menulis
• Pengalaman motorik halus : menggunting, meronce, menganyam, mencocok, menjahit dan merobek
• Seni suara dan seni musik : menyanyi, mengucapkan syair, bertepuk pola, membuat dan memainkan alat musik perkusi.
•  Seni gerak : ritmik, senam, menari, dan pantomime

Sentra Bahan Alam
Tujuan : mengembangkan kemampuan sains dan sensori motor anak usia dini.
Di sentra ini anak melakukan kegiatan bermain untuk :
• mengenal konsep sain melalui percobaan-percobaan sains sederhana dan membuat ”experiment chart”
• mengenal konsep sain melalui proses memasak makanan / minuman dan membuat ”cooking chart”
• melatih sensorimotornya melalui eksplorasi dengan air, pasir, biji-bijian, tepung, batu, daun, kayu, kerang, tanah liat, dan bahan alam lainnya (bermain air, bermain pasir dan bermain bahan alam lain)
• berkarya dengan media air, pasir dan bahan alam (biji-bijian, tepung, batu, daun, kayu, kerang, tanah liat, dll)
• Bekerjasama, kepemimpinan, kesabaran, keberanian dalam eksperimen sederhana dan memasak

Sentra persiapan ABC
Tujuan : mengembangkan kemampuan keaksaraan atau literacy anak usia dini.
Di sentra ini anak melakukan kegiatan bermain yang dapat melatih kemampuan:
• mendengar : urutan kata, membedakan kata dengan suku awal / akhir yang sama, instruksi sederhana dan menceritakan kembali
• berbicara : menyebutkan identitas diri, bercerita dengan urut, bercerita dengan melengkapi kalimat (Subjek, Predikat, Objek, Keterangan), membuat gambar dan menceritakanny
• pra-membaca : mengelompokkan kata-kata sejenis, mengurutkan dan menceritakan gambar seri, membaca buku cerita dengan kalimat sederhana, menghubungkan tulisan dengan simbol yang melambangkannya / gambar yang sesuai
• pra-menulis : membuat berbagai coretan, menguatkan pengalaman motorik halus (menggunting, menjahit, menganyam, mencocok, meronce, merobek), membuat tulisan tentang gambar yang dibuat, menulis kata bersuku awal sama, berhuruf awal / akhir sama, mencontoh tulisan

Sentra Persiapan 123
Tujuan : mengembangkan kemampuan matematika, berpikir logis dan kritis anak usia
dini.
Di sentra ini anak melakukan kegiatan bermain untuk mengenal:
• konsep bilangan : urutan bilangan, membilang dengan benda, menghubungkan lambang bilangan dengan benda dan membedakan jumlah sama-tidak sama, lebih banyak-lebih sedikit
• konsep bentuk geometri: membuat bentuk geometri, mengelompokkan dan memasangkan benda tiga dimensi dengan bentuk geometri dan tangram
•   konsep ruang : menyusun puzzle
•  konsep ukuran : panjang, berat dan volume dengan alat ukur non standar dan standar
• konsep waktu : hari, tanggal, bulan, tahun, jam, konsep waktu (hari ini, besok, ...), dan kegiatan sehari-hari sesuai waktunya.
• konsep operasi bilangan : memahami konsep matematika sederhana, penambahan dan pengurangan dengan benda
•   konsep urutan pola: membuat sendiri 2 s.d. 5 urutan pola dengan berbagai benda
•   Mapping dan problem solving : maze, membuat peta/maze sendiri
• Grafik: mengumpulkan data teman satu kelas dengan menggambar dan mengklasifikasikannya

Sentra Nasima
Tujuan : meningkatkan pemahaman tentang agama islam dan wawasan kebangsaan anak usia dini.
Di sentra ini anak melakukan kegiatan bermain untuk mengenal:
•  Agama islam : rukun islam (syahadat, sholat, puasa, zakat, haji), rukun iman / akidah (iman kepada Allah, malaikat, nabi dan rosul, kitab Allah, hari akhir), al-qur’an (mengaji) dan akhlak (mengucapkan kalimat thoyyibah, akhlakul karimah, salam, ...)
• budaya Indonesia : bahasa, rumah adat, tata krama, gotong royong, permainan tradisional, seni lukis tradisional, seni drama / wayang, seni tari tradisional, pakaian adat, flora-fauna Indonesia, dan kekayaan alam Indonesia

Sentra Inggris
Tujuan : meningkatkan kemampuan bahasa inggris anak usia dini melalui ke-giatan bermain yang menyenangkan.
Kegiatan berupa :
• Mengembangkan kosa kata anak / Vocabulary
• Mengucapkan instruksi sederhana dan pertanyaan sederhana, menyanyikan lagu sederhana / Speaking, Mendengarkan cerita-cerita sederhana, melihat -mendengarkan VCD dan memainkan software pendidikan berbahasa inggris di laboratorium komputer / Listening.

PROGRAM UNGGULAN
Praktik Agama dan Pembinaan Perilaku secara Intensif; ditekankan melalui pembiasaan harian yang dilakukan secara rutin (mujahadah, membaca dan menghafal surat-surat Al Quran dan doa-doa harian, serta penanaman aqidah akhlak). Selain itu teori dan praktik agama diusahakan terintegrasi dalam setiap materi pembelajaran.
Penanaman Wawasan Kebangsaan; Pengenalan kekayaan budaya Indonesia, kehidupan multikultur dan pemahaman nasionalisme dimulai sejak dini melalui penataan kelas bernuansa daerah dan budaya Indonesia, pengenalan simbol-simbol kebangsaan, tata karma, serta peringatan hari besar nasional.
Pengembangan Kemampuan Dwibahasa; Sejak dini membiasakan peserta didik siap menghadapi era global melalui pembelajaran dwIi bahasa praktis dengan rutinitas berbicara, mendengar, permainan di sentra bahasa Inggris dalam kemasan English with Fun.
Pemanfaatan TI dan Multimedia; dengan dikembangkannya 9 (sembilan) sentra, peserta didik melakukan pembelajaran dengan berbagai media, seperti audio visual, LCD, dan komputer. Dan adanya laboratorium komputer, peserta didik dikenalkan pembelajaran melalui teknologi.
Program Pengenalan Lingkungan dan Profesi; disusun sesuai dengan tema pembelajaran. Kegiatan ini bertujuan mendekatkan peserta didik dengan lingkungannya. Selain itu juga menambah keceriaan dan kegembiraan peserta didik dengan pembelajaran di luar lingkungan sekolah.
Pembentukan Pribadi; Peserta didik dibimbing melalui pembiasaan-pembiasaan untuk melatih kemandirian, daya juang, kedisiplinan, pengendalian diri, dan sosial emosi.

RENSTRA
Sebagai upaya pengembangan Paud yang kompetitif, maka Paud Hubbullah merencanakan program2. antara lain:
Pemanfaatan TI dan Multimedia; dengan dikembangkannya 9 (sembilan) sentra, peserta didik melakukan pembelajaran dengan berbagai media, seperti audio visual, LCD, dan komputer. Dan adanya laboratorium komputer, peserta didik dikenalkan pembelajaran melalui teknologi.
Pembuatan Green House (rumah hijau) yang merupakan media belajar anak untuk mengenal tanaman dan tumbuha-tumbuhan secara lebih akrab, dengan melakukan mengetahui bagan-bagan tanaman dan tumbuhan secara kongkrit dan fungsinya, cara menanam dan merawatnya. Sehingga anak akan lebih peka pada lingkungannya

.

No comments:

Post a Comment