FORM
AKREDITASI
PAUD
HUBBULLAH LARANGAN LUAR LARANGAN PAMEKASAN
PERNYATAAN
Yang bertanda tangan di bawah ini,
Nama :
________________________________________________
Jabatan
:
________________________________________________
Nama Lembaga :
________________________________________________
Alamat Lembaga
:
________________________________________________
Dengan ini menyatakan bahwa informasi dan data yang diberikan dalam
dokumen ini adalah benar dan sesuai dengan keadaan sesungguhnya. Apabila data
dan informasi yang diberikan tidak benar kami siap menerima segala konsekuensi
sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku.
Demikian pernyataan ini dibuat
dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.
Dibuat di :
Pamekasan
Pada tanggal
: 2013
Yang menyatakan ,*)
(________________________)
Keterangan: *) tanda tangan di atas meterai
secukupnya, dilengkapi dengan stempel lembaga
IDENTITAS
Nama Lembaga :
………..................................................................
Nama Program :
………..................................................................
Surat Ijin Operasional Lembaga *):
- Nomor :
………..................................................................
-
Tanggal :
………..................................................................
-
Diterbitkan oleh :
………..................................................................
-
Nomor Rekening : ………..................................................................
-
NPWP :
………..................................................................
Akta notaris *):
-
Nomor : .............................................................................
- Tanggal :
.............................................................................
-
Ditandatangani oleh : .............................................................................
Tanggal, Bulan & Tahun
dimulainya Penyelenggaraan :
............................................................................
Alamat :
………..................................................................
Kabupaten/Kota**) : ………...................................
Provinsi :
.............……….......................................
Nomor Telepon :
………..................................................................
Nomor HP :
………..................................................................
Nomor Faksimili :
………..................................................................
e-mail :
………..................................................................
Homepage :
………..................................................................
*) Lampirkan Fotokopi dokumen
**) Coret yang tidak perlu
1.
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
|
1.1. Acuan Standar
1.1.1
|
Standar Tingkat pencapaian perkembangan yang diterapkan pada lembaga PAUD anda mengacu pada :
Standar PAUD (BSNP)
Standar Internasional
Standar Lokal (standar yang
dibuat lembaga sendiri)
Lainnya, sebutkan
...........................................................................
|
1
|
1.1.2
|
Siapa saja yang terlibat dalam penerapan tingkat pencapaian perkembangan
pada Lembaga PAUD anda (boleh pilih lebih
dari satu)
Pendidik
Kepala sekolah
Yayasan
Ahli yang terkait
Lainnya,
sebutkan ...........................................................................
|
2
|
1.2. Standar Tingkat Pencapaian
Perkembangan
1.2.1
|
Apakah penerapan tingkat
pencapaian perkembangan pada lembaga PAUD anda meliputi
a. Agama dan moral Ya Tidak
b. Fisik (Kesehatan, motoril kasar
dan halus) Ya Tidak
c. Kognitif
Ya Tidak
d. Bahasa
Ya Tidak
e. sosial emosional
Ya Tidak
(lampirkan dokumennya)
|
3
|
1.3. Pendidik
2.1.1
|
Kualifikasi dan kompetensi pendidik PAUD
yang ada pada lembaga anda, Tulis pada tabel berikut ini
|
4
|
||||
No
|
Nama
|
Tempat
tanggal lahir
|
Jenis
Kelamin
|
Pendidikan
Terakhir/Sertifikat
Kompetensi
|
Masa Kerja
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
Lampirkan fotokopi dokumen untuk
pernyataan di atas.
|
||||||
2.1.2
|
Adakah Pendidik PAUD yang mengikuti pelatihan peningkatan mutu
|
Ya Tidak
|
5
|
||||
|
Bila ya, berapa persen yang mengikuti pelatihan tersebut ? ….....%.
|
||||||
|
Tulislah pendidik yang mengikuti pelatihan.
Jenis Pelatihan
|
||||||
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Jenis dan
Jumlah
hari
Pelatihan
|
Bulan/Tahun
Pelatihan
|
Sertifikat
(ada/tidak)
|
||
(1)
|
(2)
|
|
5
|
|
(4)
|
||
1
|
|
|
|
|
|
||
2
|
|
|
|
|
|
||
3
|
|
|
|
|
|
||
4
|
|
|
|
|
|
||
5
|
|
|
|
|
|
||
6
|
|
|
|
|
|
||
7
|
|
|
|
|
|
||
Lampirkan fotokopi dokumen untuk
pernyataan di atas.
|
|
||||||
2.1.3
|
Apakah Lembaga PAUD mengadakan
evaluasi terhadap kinerja pendidik
|
Ya Tidak
|
6
|
|
Bila Ya, seberapa sering frekuensi evaluasi tersebut dilakukan ?
|
|
|
|
< 3 bulan 4-6 bulan > 6 bulan, sebutkan
...................................................................................................................
|
|
2.
STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
2.1. Pendidik
2.1.2
|
Kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan:
|
7
|
||||
No
|
Nama
|
Tempat
tanggal lahir
|
Jenis
Kelamin
|
Pendidikan
Terakhir/Sertifikat
|
Masa Kerja
|
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
Lampirkan fotokopi dokumen untuk
pernyataan di atas.
|
||||||
2.2.2
|
Adakah Tenaga Kependidikan
yang mengikuti pelatihan.
|
Ya Tidak
|
8
|
|||||
|
Jika jawaban Ya isilah tabel di bawah ini.
Bulan/Tahun Pelatihan
|
|||||||
No
|
Nama
|
Tempat
tanggal lahir
|
Jenis
Kelamin
|
Pendidikan
Terakhir/Sertifikat
Kompetensi
|
Masa Kerja
|
|||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
|
|
|
|
|
|||
4
|
|
|
|
|
|
|||
5
|
|
|
|
|
|
|||
6
|
|
|
|
|
|
|||
7
|
|
|
|
|
|
|||
Lampirkan fotokopi dokumen untuk
pernyataan di atas
|
|
|||||||
2.2.3.
|
Lembaga PAUD mengadakan evaluasi
terhadap kinerja tenaga
kependidikan Ya Tidak
|
9
|
|
Bila jawabannya Ya, seberapa sering frekuensi evaluasi tersebut dilakukan
?
< 3 bulan 4-6 bulan > 6 bulan,
sebutkan............................................................................................................
...........................................................................................................................
|
Lampirkan fotocopy dokumen untuk
pernyataan di atas.
3.
STANDAR ISI
|
3.1.1
|
Lembaga PAUD memiliki program
kegiatan
|
Ya Tidak
|
10
|
|
Jika Ya, Lampirkan fotokopi dokumen pendukung
Jika Tidak, berikan alasannya
……………………………………………………………..................................... ..……………………………………………………………………………………
|
||
3.1.2
|
Program kegiatan dikembangkan dengan mengacu pada:
Standar Internasional
Standar PAUD (BSNP)
Lainnya, sebutkan…………………………………………………...…..........
……………………………………………………………………………….........
|
11
|
|
3.1.3
|
Program kegiatan PAUD pada lembaga anda
disusun oleh:
Lembaga sendiri
Bersama-sama dengan lembaga lain yang
sejenis
Dinas Pendidikan Kab/Kota
Dinas Pendidikan Provinsi
|
12
|
|
3.1.4
|
Siapa yang terlibat dalam pengembangan program kegiatan PAUD?
Pendidik
Tenaga kependidikan
Tim pengembang program kegiatan
Lainnya
.........................................................................................................
|
13
|
|
3.1.5
|
Bagaimana cara penyusunannya ?
Penugasan kepada pendidik secara perorangan
Lokakarya
Lainnya.................................................................................................................
Lampirkan notulen rapat kerja/hasil lokakarya
|
14
|
|
3.1.6
|
Adakah program kegiatan tahunan
dan semester pada lembaga PAUD
(Tunjukkan Dokumennya)
Ada Tidak
Jika Tidak, beri alasan
…………………………………………………………………………………….
………………….…………………………………………………………………
|
15
|
|
3.1.7
|
Adakah kajian ulang program
kegiatan pada lembaga
PAUD anda?
|
Ada Tidak
|
16
|
Bila Tidak alasannya.
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
|
|||
3.1.8
|
Frekuensi kajian ulang program kegiatan ...........tahun sekali
Peninjauan/perubahan terakhir kali dilakukan pada tahun.......................................
(lampirkan fotokopi dokumen peninjauan)
|
17
|
|
3.1.9
|
Apakah dalam melakukan kajian program kegiatan
melibatkan ahli ?
|
Ada Tidak
|
18
|
Jika Ya, sebutkan ahlinya !
……………………………………………………………………………………….
. …………………………………………………………………………………….
. …………………………………………………………………………………….
|
3.2. Alokasi Waktu
3.2.1
|
a.
Berapa jumlah total jam belajar program PAUD di Lembaga anda ?
|
19
|
b. Berapa hari pertemuan dalam
satu minggu?
1 – 2 hari
3 – 4 hari
5 – 6 hari
|
||
|
c. Berapa jam pembelajaran per hari?
1 – 2 jam
3 – 4 jam
5 – 6 jam
|
|
3.3. Kelompok Belajar
3.3.1
|
Rasio Pendidik dengan Peserta Didik.
|
20
|
1 : 3 untuk usia 0-12 bulan Ya Tidak
1 : 5 untuk usia 12-36 bulan Ya Tidak
1 : 8 untuk usia 3-4 tahun Ya Tidak
1 : 10 untuk usia 4-5 tahun Ya Tidak
1 : 12 untuk usia 5-6 tahun Ya Tidak
|
3.4. Kalender Pendidikan
3.4.1
|
Lembaga PAUD memiliki kalender
pendidikan
|
Ya Tidak
|
21
|
Jika Ya,
lampirkan fotocopy dokumen pendukung (bila jawaban ya, lanjutkan ke poin
3.4.2 b)
Jika tidak, beri alasan dan lanjutkan ke poin 4.1
…………………………….………………………………………………………
……………………………………………………………………..………………
|
|||
|
|||
3.4.2
|
Kalender akademik disosialisasikan
Jika Ya, disosialisasikan
kepada
………………………….……………………………………
……….…………………………………………….………..
……………………………..……………....... ......................
Jika tidak, alasannya
…………………………….……………………..……….…
………………………………………………………………
………………………..……………………..........................
|
Ya Tidak
|
4.
STANDAR PROSES
|
4.1. Rencana Pembelajaran
4.1.1
|
Adakah Rencana Pembelajaran mingguan pada Lembaga PAUD
|
Ada Tidak
|
22
|
Bila Tidak alasannya.
...............................................................................................................................................................................................................................................................................................
|
|||
4.1.2
|
Adakah Rencana Pembelajaran Harian
pada Lembaga
PAUD
|
Ada Tidak
|
23
|
Bila Tidak alasannya.
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
……
|
|||
4.1.3
|
Siapakah yang menyusun Rencana Pembelajaran pada lembaga PAUD?
|
24
|
|
Pendidik
Pengelola
Dinas Pendidikan
Kab/Kota
Tim pengembang program
kegiatan
..............................................................................................................
|
|||
4.1.4
|
Acuan yang digunakan untuk menyusun Rencana Pembelajaran
|
25
|
|
Standar PAUD (BSNP)
Menu Pembelajaran Generik PAUD
Standar International
Lainnya, sebutkan …………………………………………………………..
...............................................................................................................
|
|||
4.1.5
|
Apakah Rencana Pembelajaran
didokumentasikan?
|
Ya Tidak
|
26
|
Jika Ya, lampirkan
Jika Tidak, apa alasannya
..………………………….………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………….
|
4.2. Pelaksanaan Pembelajaran
4.2.1
|
Apakah guru/guru pendamping/pengasuh
melakukan penataan lingkungan
bermain
Ya Tidak
|
27
|
|
4.2.2
|
Apakah pelaksanaan pembelajaran terdiri dari
penyambutan, pembukaan (saat lingkaran), inti dan
penutup
|
Ya Tidak
|
28
|
4.2.3
|
Apakah kegiatan bermain/pembelajaran memanfaatkan lingkungan
Ya Tidak
|
29
|
|
Jika Ya, lampirkan dokumen kegiatan……………………………………..
………………………………………………………………………………………
………………………………………………………………………………………
|
|||
4.2.4
|
Apakah kegiatan pembelajaran pada Lembaga PAUD anda sesuai dengan
usia anak Ya Tidak
|
30
|
|
Jika Ya, lampirkan dokumen kegiatan…………………………………………..
……………………………………………………………………………………….
|
|||
4.2.5
|
Apakah lama kegiatan ditetapkan berdasarkan jenis program PAUD ?
Ya Tidak
|
30
|
|
4.2.6
|
Lembaga PAUD anda melaksanakan kegiatan bermain/pembelajaran
Di dalam ruang/kelas
Di luar ruang/kelas
Di dalam dan di luar
ruang/kelas
|
31
|
|
4.2.7
|
Kegiatan yang diberikan pada peserta didik dalam bentuk
Individual
Kelompok besar
Kelompok kecil
Lainnya, sebutkan………………………………………………………...........
…………………………………………………………………………….............
…………………………………………………………………………….............
|
32
|
|
4.2.8
|
Kegiatan bermain/pembelajaran di lembaga PAUD melibatkan orangtua/
keluarga
Ya Tidak
|
33
|
|
Bila Ya, lampirkan dokumen kegiatannya…………………………………..
……………………………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
|
|||
5.
STANDAR PENILAIAN
|
5.1. Penilaian Hasil Belajar
5.1.1
|
Lembaga PAUD melakukan penilaian hasil belajar secara periodik terhadap
peserta didik:
|
34
|
Harian
Tengah Program
Akhir Program
Lainnya,
sebutkan..…………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………
|
||
5.1.2
|
Penilaian hasil belajar dilakukan
berdasarkan tingkat pencapaian
perkembangan.
Ya Tidak
|
35
|
5.2. Teknik Penilaian
5.2.1
|
Lembaga PAUD melakukan penilaian dengan teknik: (boleh lebih dari satu)
|
36
|
Observasi
Portofofio
Anekdot
Penugasan
Unjuk kerja (performance)
Laporan orangtua
Lainnya,
sebutkan……………………………………………................………
..............................................................................................................
|
5.3. Pedoman Penilaian
5.3.1
|
Lembaga PAUD
memiliki pedoman penilaian
|
Ya
Tidak
|
37
|
|
Ya, lampirkan dokumen pedukung
Tidak,
alasannya……..…………………………………………………………...............
|
5.4. Pelaporan Hasil Penilaian
5.4.1
|
embaga PAUD melaporkan hasil penilaian kepada
Orangtua
Pengelola
Lainnya,
sebutkan……….………………………………………………………..
……………………………………………………………………………………
|
38
|
5.4.2
|
Berapa kali Lembaga PAUD melakukan laporan hasil penilaian (boleh leb
dari satu) :
Setiap hari
(Orangtua ; Pengelola; Lainnya………………………...
Setiap minggu ( Orangtua ; Pengelola; Lainnya…………………....)
Setiap bulan (Orangtua ; Pengelola; Lainnya……………………….
Per catur wulan ( Orangtua ; Pengelola; Lainnya………………..….)
Persemester
( Orangtua ; Pengelola; Lainnya…………………….)
Pertahun ( Orangtua ; Pengelola; Lainnya…………………………)
|
39
|
6. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
|
6.1.
Prasarana Pendidikan
6.1.1
|
Tuliskan luas tempat belajar yang
dipergunakan di lembaga anda pada tabel
berikut:
|
40
|
|
Jenis Prasarana
|
Luas M2
|
||
1. Arena/tempat
belajar dan bermain (dalam ruangan)
|
|
||
2. Arena/tempat
belajar dan bermain (luar ruangan)
|
|
||
6.1.2
|
Tuliskan data prasarana instalasi
yang dipergunakan pada Lembaga PAUD
ini dan
pemeliharaanya dengan mengikuti format
tabel berikut:
|
41
|
||
Jenis Prasarana Instalasi
|
Ketersediaan
|
Pemeliharaan
|
||
1. Listrik/penerangan lain
|
Ada Tidak
|
Ada Tidak
|
||
2. Air
|
Ada Tidak
|
Ada Tidak
|
||
3. Lain-lain, sebutkan
|
Ada Tidak
|
Ada Tidak
|
||
6.1.3
|
Bangunan memiliki ruang bermain
dan halaman bermain yang memenuhi
persyaratan
a. Keamanan Ya Tidak
b.
kebersihan Ya Tidak
c.
kesehatan Ya Tidak
d.
kenyamanan Ya Tidak
|
42
|
6.1.4
|
a. Jenis ruang lain yang dimiliki lembaga PAUD anda
|
43
|
|
|
Ruang administrasi
|
Ada Tidak
|
|
|
Kamar mandi/WC
|
Ada
Tidak
|
|
|
Perpustakaan
|
Ada Tidak
|
|
|
b. Khusus Taman Penitipan Anak memiliki
|
||
|
Tempat untuk tidur anak
|
Ada Tidak
|
|
|
Dapur
|
Ada Tidak
|
|
|
Kamar mandi/WC
|
Ada Tidak
|
6.2.
Sarana Pendidikan
6.2.1
|
Tuliskan data peralatan dan perlengkapan pendidikan yang dimiliki di
tempat
aktivitas belajar (ruang belajar/bermain) pada tabel berikut ini :
|
44
|
|||
Jenis Peralatan di Masing-masing Ruang
|
Ketersediaan
|
Jumlah Unit
|
Pemeliharaan
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||
1. Jam dinding
|
Ada Tidak
|
..............
Unit
|
Ada Tidak
|
||
2. Cermin
|
Ada Tidak
|
..............
Unit
|
Ada Tidak
|
||
3. Tape
|
Ada Tidak
|
..............
Unit
|
Ada Tidak
|
||
4. APE
|
Ada Tidak
|
..............
Unit
|
Ada Tidak
|
||
5. Gambar–gambar
Dan
karya anak
|
Ada Tidak
|
..............
Unit
|
Ada Tidak
|
||
6. Lainnya, sebutkan …………
……………………………….
|
Ada Tidak
|
..............
Unit
|
Ada Tidak
|
||
6.3.
Buku, Media, dan Sumber Belajar Pendidikan
6.3.1
|
Tuliskan data mengenai ketersediaan buku
ajar dan sumber bacan
lain
yang tersedia di Lembaga PAUD pada
tabel berikut.
|
45
|
|
Jenis Buku dan Sumber Bacaan Lain
|
Jumlah
|
||
(1)
|
(2)
|
||
Buku
|
|
||
1. Buku Cerita untuk Bayi
|
|
||
2. Buku Cerita Kanak-kanak
|
|
||
3. Buku Cerita Prasekolah
|
|
||
4. Buku Sumber Guru
|
|
||
5. Majalah Anak / Ibu dan Anak
|
|
||
6. Poster Beragam Gambar Sesuai Tema
|
|
||
7. Lainnya,
sebutkan...............................................................
.............................................................................................
|
|
||
6.3.2
|
Tuliskan data mengenai ketersediaan sumber
belajar lain yang tersedia di
Lembaga PAUD dengan mengikuti
format tabel berikut:
|
46
|
|
Jenis Sumber Belajar Lain
|
Jumlah
|
||
(1)
|
(2)
|
||
Alat / Bahan Belajar Lainnya
|
|
||
1. Mainan gantung berwarna,
berbunyi dan bertekstur untuk bayi
|
|
||
2. Mainan berwarna, berbunyi dan
bertekstur untuk bayi
|
|
||
3. Mainan untuk bermain peran
sesuai tema
|
|
||
4. Mainan bongkar pasang sesuai
usia
|
|
||
5. Alat gambar dan lukis
|
|
||
6. Alat bermain keaksaraan
|
|
||
7. Balok unit
|
|
||
8. Puzzle sesuai usia
|
|
||
9. Alat ronce/merjan
|
|
||
10. Balok berwarna
|
|
||
11. Alat/instrumen music
|
|
||
12. Playdough/plastisin/tanah liat
|
|
||
13. Alat bermain seni (kertas origami, kertas bekas, gunting, lem,
dan lain-lain)
|
|
||
14. Pasir
|
|
||
15. Air
|
|
||
16. Bola berbagai ukuran
|
|
||
17. Alat bermain matematika
|
|
||
18.Lainnya, sebutkan….……………………………….......................................
…………………………………………………………...............…
|
|
||
7.
STANDAR PENGELOLAAN
|
7.1. Filosofi
|
Tuliskan Visi, Misi, dan Tujuan Lembaga.
|
47
|
|
7.1.1
|
7.1.1.1 Visi :
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
|
||
|
7.1.1.2 Misi :
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
|
||
|
7.1.1.3Tujuan :
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
|
||
7.1.2
|
Apakah Lembaga PAUD
anda melaksanakan sosialisasi
visi, misi dan tujuan kepada semua pendidik, peserta didik, dan unsur lain
yang terkait.
|
Ya Tidak
|
48
|
7.2. Kelembagaan
7.2.1 Identitas
7.2.1.1
|
Kepemilikkan lembaga PAUD
|
49
|
Nama lembaga : PAUD HUBBULLAH
Alamat : Jl. KH. Abd. Muid Desa Larangan Luar Kecamatan Larangan
Kabupaten pamekasan
Nomor dan tanggal pendirian :
Program yang diselenggarakan :
Nomor rekening
:
Nama pimpinan lembaga :
(Lampirkan dokumen pendukung)
|
7.2.2. Penyelenggaraan
7.2.2.1
|
Lembaga PAUD ini mempunyai rencana kerja
jangka pendek (tahunan) dan perencanaan jangka menengah (tiga, empat,
atau lima tahunan). (Pilih
salah satu jawaban yang sesuai).
|
50
|
Tidak memiliki rencana kerja
Memiliki rencana
kerja jangka pendek (tahunan)
Memiliki rencana
kerja jangka pendek dan jangka menengah
Jika memiliki lampirkan rencana kerja
|
||
7.2.2.2
|
Pelaksanaan kegiatan Lembaga
PAUD sesuai dengan perencanaan
tahunan.
|
51
|
|
Tidak sesuai sama sekali
Sebagian sesuai
Sebagian besar sesuai
Sesuai seluruhnya
|
|
7.2.2.3
|
Tuliskan nama dan alamat lembaga lain yang
bekerjasama dengan
Lembaga PAUD
.................................................................................................................
.................................................................................................................
.................................................................................................................
|
52
|
7.3.
Pengorganisasian
7.3.1
|
Tuliskan bagan struktur
organisasi Lembaga PAUD
|
53
|
(Lampirkan dokumen
pendukung)
|
7.3.2
|
Pembagian tugas (job
description) di antara pendidik lembaga PAUD
Ya Tidak
|
54
|
7.3.3
|
Pembagian tugas (job
description) di antara tenaga kependidikan
lembaga PAUD
Ada Tidak
|
55
|
7.4.
Pengawasan
7.4.1 Supervisi
7.4.1.1
|
Apakah ada supervisi pelaksanaan program kerja pada lembaga PAUD anda
Ya Tidak
|
56
|
7.4.1.2
|
Siapa yang melakukan supervisi pelaksanaan program kerja pada lembaga
anda
Penilik/pengawas
Yayasan
Dinas Pendidikan setempat
Lainnya…………………………………………………………………
|
57
|
7.4.2. Evaluasi
7.4.2.1
|
Apakah ada evaluasi pelaksanaan program yang
ada pada lembaga anda
Ya Tidak
|
58
|
7.4.2.2
|
Apakah
evaluasi pelaksanaan program tersebut dilakukan untuk menentukan
kualitas yang mencakup:
Program kegiatan lembaga anda
Pelaksanaan proses kegiatan/pembelajaran
Sarana dan prasarana
Lainnya………………………………………………………………..
|
59
|
7.4.3. Pelaporan dan
Tindak Lanjut
7.4.3.1
|
Apakah ada pelaporan dan tindak lanjut dari
kegiatan supervisi dan evaluasi yang
dilakukan pada lembaga PAUD anda?
Ya Tidak
|
60
|
7.4.3.2
|
Hasil kegiatan supervisi dan evaluasi
tersebut dilaporkan kepada siapa?
|
|
4.2.4 Ketua Yayasan
4.2.5 Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
4.2.6 Orang Tua
4.2.7 Lainnya,
sebutkan..........................................................................................................
...........................................................................................................................
|
61
|
8.
STANDAR PEMBIAYAAN
|
8.1. Sumber pembiayaan
8.1.1
|
Sebutkan sumber
dana yang diperoleh pada Lembaga PAUD
sesuai dengan
nilai absolut dana dan
persentasenya dari keseluruhan dana yang diterima per
tahun pada tahun
anggaran terakhir dengan mengisi tabel di bawah ini.
|
62
|
||
No.
|
Sumber
Dana Program
Lembaga
PAUD
|
Nilai
(Rp)
|
Persentase
(%)
|
|
1
|
Pemerintah
|
|
|
|
2
|
Masyarakat
|
|
|
|
3
|
Donatur
|
|
|
|
4
|
Swadana/unit usaha
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
Total
|
|
100
|
8.2. Alokasi penggunaan
8.2.1
|
Sebutkan
alokasi penggunaan dana Lembaga PAUD
per tahun pada tahun
anggaran
terakhir dengan nilai absolut dan persentasenya dari keseluruhan
dana yang
digunakan?.
|
63
|
||
No.
|
Alokasi Dana
Lembaga PAUD
|
Nilai (Rp)
|
Persentase (%)
|
|
1
|
Biaya
operasional pendidik
|
|
|
|
2
|
Biaya
operasional tenaga kependidikan
|
|
|
|
3
|
Biaya
operasional tenaga kependidikan
|
|
|
|
4
|
Biaya
pengembangan pendidik
|
|
|
|
5
|
Biaya
pengembangan tenaga
kependidikan
|
|
|
|
6
|
Biaya
pengembangan sarana dan
prasarana
|
|
|
|
7
|
Lain-lain,
sebutkan …………
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
100
|
8.3. Administrasi Keuangan5
8.3.1
|
1)
Adakah pencatatan dokumen/pembukuan terhadap penerimaan dan
pengeluaran dana pada lembaga PAUD .
Ada Tidak
|
64
|
Jika tidak, jelaskan alasannya
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
.............................................................................................................................
|
||
8.3.2
|
a. Lembaga
PAUD membuat laporan keuangan
secara berkala
Ya Tidak
|
65
|
|
b. Laporan diberikan kepada
Ketua yayasan
Dinas Pendidikan Kab/Kota
Lainnya.......................................................................................................
|
No comments:
Post a Comment